Sunday, March 26, 2017

4 perkara yang lebih baik

Dalam Kitab Nashaihul Ibad tulisan Imam Nawawi dijelaskan mengenai 4 sifat sebagai perkara yang baik dan 4 sifat lagi yang jauh lebih baik.

Sebagian ahli hikmah berkata:

Ada 4 perkara baik, tetapi empat perkara lainnya jauh lebih baik yaitu :

1. Sifat dan rasa MALU yang dimiliki kaum lelaki itu adalah baik, namun jauh lebih baik jika malu dimiliki kaum perempuan.

2. Sifat dan sikap ADIL  yang dimiliki setiap orang itu adalah baik, namun jauh lebih baik jika sifat adil itu dimiliki oleh para penguasa, pemimpin atau raja.

3. Sifat dan SUKA BERTAUBAT bagi orang berusia/ tua itu adalah baik, namun jauh lebih baik sifat suka bertaubat pada orang yang lebih muda.

4. Sifat PEMURAH kaum hartawan itu baik, namun jauh lebih baik jika sifat pemurah itu ada pada diri orang yang fakir miskin.

Sentiasalah kita berdoa kpd Allah swt dengan sesungguh hati dgn doa yg berikut:

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
"Wahai Tuhanku, ilhamkanlah daku supaya tetap bersyukur akan nikmatmu yang engkau kurniakan kepadaku dan kepada ibu bapaku, dan supaya aku tetap mengerjakan amal soleh yang Engkau redai; dan jadikanlah sifat-sifat kebaikan meresap masuk ke dalam jiwa zuriat keturunanku. Sesungguhnya aku bertaubat kepadamu, dan sesungguhnya aku dari orang-orang Islam (yang tunduk patuh kepadamu)"

Al Ahqaf 46:15

Wallahu a'lam

No comments: